Social Icons

Rabu, 20 Maret 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN MUSIK DUNIA

Sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, di Tiongkok dan Mesir ada musikyang mempunyai bentuk tertentu. Dengan mendapat pengaruh dari Mesir danBabilon, berkembanglah musik Hibrani yang dikemudian hari berkembangmenjadi musik gereja. Musik itu kemudian disenangi oleh masyarakat, karenaadanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yangdipakai pada upacara Gereja. Music itu tersebar diseluruh Eropa kemudiantumbuh berkembang, dan musik instrumental maju dengan pesat setelah adaperbaikan pada alat-alat musik, misalnya biola dan cello. Kemudian timbulah alatmusik Orgel. Komponis muncul di Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia. Dalam abadke-19, rasa kebangsaan mulai bangun dan berkembang. Oleh karena ituperkembangan musik pecah menurut kebangsaannya masing-masing, meskipunpada permulaannya sama-sama bergaya romantic. Mulai abad 20, Prancismenjadi pelopor dengan musik impresionistis yang segera diganti dengan musikekspresionistis.a)
Perkembangan Musik Dunia
Musik sudah ada sejak Zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untukmengiringi upacara-upacara kepercayaan. Perubahan sejarah music terbesar terjadipada abad pertengahan, disebabkan terjadinya perubahan keadaan duniayang makinmeningkat. Musik tidak hanya diperlukan untuk keperluan keagamaan, tetapidipergunakan juga untuk urusan duniawi
PERKEMBANGAN MUSIK DUNIA TERBAGI DALAM ENAM ZAMAN :1.
Zaman Abad Pertengahan
Zaman Abad Pertengahan sejarah kebudayaan adalah zaman antara berakhirnyakerajaan Romawi (476 M) sampai dengan zaman reformasi agama Kristen olehMarthen Luther (1572 M). Perkembangan musik pada zaman ini disebabkan olehterjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, yang
 
menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang. Termasuk dalamkebudayaan. Perubahan dalam sejarah music adalah bahwa music tidak lagidititik beratkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untukurusan duniawi, sebagai sarana hiburan.Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan music dan dasar-dasar teori music yang dikembangkan oleh Guido d Arezzo (1050 M)Musikdengan menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat. MusikGeorgian disempurnakan oleh Paus Gregorius.Pelopor music pada zaman pertengahan adalah :1)
Gullanme Dufay dari prancis2)
Adam De La Halle dari Jerman
2.
Zaman Renaisance (1500-1600)
Zaman Renaisance adalah zaman setelah abad pertengahan. Renaisance artinyakelahiran kembali tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang pada zamanRomawi. Music dipelajari dengan ciri-ciri khusus. Contoh nyanyian percintaan,nyanyian keperwiraan. Sebaliknya music gereja mengalami kemunduran. Padazaman ini alat music piano dan organ sudah dikenal. Sehingga munculah musicinstrumental. Di kota Florence berkembang seni opera. Opera adalah sandiwaradengan iringan music disertai oleh para penyanyinya.Komponis-komponis pada zaman Barok dan Rokoko :A.
Johan Sebastian BachLahir tanggal 21 maret 1685 di Eisenach Jerman, meninggal tanggal 28 Juli1750 di Lipzig Jerman. Hasil karyanya yang amat indah dan terkenal :I.
St. Mathew passion.II.
Misa dalam b minorIII.
13 buah konser piano dengan orkesIV.
6 buah konserto Brandenburg

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sejarah Musik

More on this category »

Blogroll

More on this category »

Tokoh Musik

More on this category »

jenis musik

More on this category »