Social Icons

Rabu, 20 Maret 2013

Jenis Musik Blues

Musik blues sendiri muncul dari musik-musik spiritual dan pepujian yang biasa dilantunkan oleh komunitas kulit hitam asal afrika di amerika. Di saat mereka bekerja atau istirahat di sore hari mereka selalu melantunkan pepujian kepada Allah dan juga menyanyikan lagu-lagu sedih khas melodi orang Afrika.
Tapi percaya atau tidak musik blues ternyata terkait dengan kaum muslim pada awalnya. Seorang penulis dan ilmuwan di Schomburg Center For Research In Black Culture di New York, Sylviane Diouf, berhasil mmeyakinkan bahwa blues memiliki keterkaitan dengan tradisi masyarakat muslim di Afrika barat.
Dan untuk membuktikan keterkaitan ini Sylviane Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama diputarkan kepada publik adalah lantunan adzan atau panggilan untuk menunaikan ibadah shalat untuk umat muslim, dan setelah itu diouf memutar Levee Camp Holler.
Rekaman kedua lagu itu adalah lagu blues lawas yang pertama kali muncul di Delta Mississippi. Levee camp holler sendiri bukanlah lagu blues yang biasa, lagu itu diciptakan oleh komunitas muslim kulit hitam asal Afrika barat yang bekerja di Amerika pasca perang. Dan lirik lagu Levee Camp Holler yang diputar Diouf terdengar seperti panggilan adzan yang berisi tentang keagungan Allah swt. Seperti halnya lantunan adzan, lagu tersebut juga menekankan kata-kata yang terdengar bergetar. Menurut Diouf, langgam yang senggau antara lagu blues Levee Camp Holler yang meyerupai adzan merupakan bukti bahwa ada hubungan diantara keduanya.
Jonathan Curiel membuat sebuah tulisan yang bertajuk Muslim Roots, Us Blues, menyatakan bahwa publik amerika haruslah berterima kasih kepada muslim Afrika barat yang tinggal di Amerka sekitar tahun 1600 sampai pertengahan 1800, karena disitu banyak penduduk kulit hitam asal Afrika barat yang dijadikan budak oleh bangsa Amerika.
Menurut para sejarawan juga sekitar 30% budak dari Afrika barat yang di pekerjakan secara paksa di Amerika adalah kaum muslim. Meskipun oleh tuannya dipaksa untuk beralih ke agama Kristen tapi banyak dari mereka tetap menjalankan agama Islam dan melantunkan ayat-ayat Alquran setiap harinya. Sejarah juga mencatat bahwa pelaut muslim dari afrika baratlah yang pertama kali menemukan benua amerika sebelum Columbus. Jadi secara historis kaum muslim telah memberi pengaruh dalam evolusi masyarakat amerika beberapa abad sebelum Columbus menemukannya (Fareed H Numan dalam American Muslim History A chronological Observation).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sejarah Musik

More on this category »

Blogroll

More on this category »

Tokoh Musik

More on this category »

jenis musik

More on this category »